DIULAS.com

REKOMENDASI

Edan! kini hacker bisa retas data pakai lampu bohlam!

  • Reporter:
  • Jumat, 4 November 2016 | 19:20
  • / 3 Safar 1438
  • Dibaca : 374 kali
Edan! kini hacker bisa retas data pakai lampu bohlam!

diulas.com – Tanpa disadari kemajuan teknologi membantu kita, tapi disisi lain juga membahayakan kita. Pernah terbayangkan tidak jika datamu bisa dicuri melalui lampu bohlam?

 

Ancaman hacker yang bisa dengan mudah mengakses perangkat canggih Anda, ternyata sudah sampai pada tingkatan yang cukup mengerikan. Tak cuma membuat website down, mengambil username dan password, serta memotong koneksi internet, kini hacker bisa melakukan hal tersebut dengan jauh lebih mudah lagi.

 

Dilansir dari Daily Mail, sekelompok hacker dari Israel bisa melakukan aksi peretasan dari peralatan rumah tangga yang paling penting dan selalu ada di tiap ruangan: bola lampu.

 

Dalam sebuah demonstrasi di sebuah blok kantor, para hacker ini melakukan aksinya dengan menggunakan drone yang bisa menghantarkan virus secara nirkabel kepada lampu bohlam. Jenis lampu yang akan dengan mudah ‘dibajak’ adalah ‘smart lighting’ yang kini mulai populer digunakan.

 

Virus yang digunakan untuk membajak lampu cerdas ini adalah malware dalam bentuk ‘IoT worm.’ Sekali lampu cerdas ini terkena retas, virus ini bisa menyebar bahkan ke tetangga yang menggunakan teknologi serupa.

 

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Ini merupakan penemuan yang cukup berbahaya. Pasalnya dalam beberapa tahun terakhir dan seterusnya, semua peralatan rumah tangga akan memiliki teknologi nirkabel. Hal ini bisa menghubungkan peralatan rumah tangga Anda dengan smartphone Anda via koneksi internet. ‘Peralatan rumah tangga cerdas’ ini akan sangat beresiko terkena isu keamanan dan aksi hacker daripada sebelumnya.

 

Dalam konteks ini, penggunaan lampu cerdas semacam ini ternyata memiliki kelemahan vital dalam teknologi nirkabelnya. Lampu yang dapat kita atur kecerahannya dari smartphone atau tablet ini akan justru memudahkan para hacker untuk meretas lonjakan listrik dan berbagai hal yang berkaitan dengan listrik di area tersebut.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional