DIULAS.com

REKOMENDASI

Catat! Inilah 5 Hal penting yang harus diketahui dari BPJS Kesehatan

  • Reporter:
  • Sabtu, 5 November 2016 | 14:55
  • / 4 Safar 1438
  • Dibaca : 808 kali
Catat! Inilah 5 Hal penting yang harus diketahui dari BPJS Kesehatan

diulas.com – Jika ditanya ke semua orang dimuka bumi, pasti tidak ada yang menginginkan untuk jatuh sakit. Entah sakit apa. Tapi yang namanya penyakit seringkali datang tanpa diundang alias dadakan, sehingga kita butuh biaya untuk pengobatannya. Syukur kalau ada duit berlebih, kalau nggak? Nah, disinilah peran asuransi kesehatan yang kita punya.

 

Di samping asuransi dari pihak swasta, pemerintah belakangan ini juga memiliki program asuransi kesehatan lewat BPJS Kesehatan. Kini masyarakat kecil juga bisa tenang kapan pun sakit datang. Meski begitu, ada lima hal penting yang perlu diketahui sebelum menggunakan BPJS Kesehatan.

 

Bisa digunakan untuk beragam penyakit

 

Jika asuransi kesehatan dari pihak swasta memiliki batasan dan syarat pada penyakit-penyakit tertentu, maka BPJS Kesehatan bisa digunakan untuk menanggung segala jenis penyakit. Bukan itu saja, BPJS Kesehatan juga akan menanggung anggota BPJS dari seluruh jenjang usia, termasuk tingkat keparahan penyakit yang diderita pasien.

 

Menganut pola rujukan berjenjang

 

Pengguna BPJS Kesehatan tidak serta merta bisa memeriksakan diri di rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang diinginkan. Sebaliknya, pasien perlu berobat ke fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas, klinik, dan dokter praktek yang bekerjasama dengan BPJS. Baru jika fasilitas kesehatan tersebut tidak sanggup menangani atau membutuhkan konsultasi dokter spesialis, pasien akan dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

 

Belum bekerjasama dengan semua fasilitas kesehatan

 

BPJS Kesehatan belum bekerjasama dengan semua rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia. Hal inilah yang kadang harus membuat pasien mengantre saat berobat. Maka dari itu, sebelum menggunakan BPJS Kesehatan ada baiknya datang langsung untuk berkonsultasi di kantor BPJS terdekat.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional