DIULAS.com

REKOMENDASI

Buah Nangka, si manis pencegah kanker hingga pembangkit energi

  • Reporter:
  • Kamis, 10 November 2016 | 21:43
  • / 9 Safar 1438
  • Dibaca : 137 kali
Buah Nangka, si manis pencegah kanker hingga pembangkit energi

diulas.com – Kita tentu sudah mengenal buah yang fisiknya sekilas ‘hampir mirip’ durian ini, yup! Nangka. Untuk masyarakat Jogja tentu tidak asing lagi karena menjadi salah satu elemen utama dalam makanan has mereka yaitu Gudeg. Ternyata, buah ini memiliki segudang manfaat tersembunyi, lho!

 

Nangka merupakan salah satu jenis buah khas Indonesia. Memiliki aroma dan rasanya yang manis, nangka patut menjadi favorit banyak orang. Belum lagi, nangka adalah jenis buah yang paling mudah untuk diolah menjadi aneka makanan seperti bahan campuran kolak, digoreng, atau bahan campuran es teler.

 

Selain itu, siapa sangka bahwa nangka kaya akan manfaat sehat? Hal ini disebabkan karena nangka tinggi vitamin A, B6, C, kalium, tembaga, dan serat. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat yang bisa kamu dapatkan dengan makan nangka.

 

Mencegah kanker

Nangka mengandung tiga jenis utama fitonutrien yaitu lignan, isoflavon dan saponin yang masing-masing tinggi akan zat anti kanker. Saponin dikenal mampu mencegah kanker usus besar dan leukemia. Sementara lignan dan isoflavon bermanfaat untuk mengobati kanker endometrium.

 

Menyehatkan mata

Nangka sangat tinggi akan vitamin A yang bermanfaat untuk melindungi mata dari gangguan seperti degenerasi makula, melindungi kornea, serta melawan infeksi mata.

 

Memberikan energi

Kandungan karbohidrat serta vitamin B yang ada dalam nangka adalah sumber energi yang kuat. Sebabnya vitamin B1 dan B2 akan mengonversi karbohidrat yang ada dalam buah ini menjadi energi.

 

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Menyehatkan sistem pencernaan

Mereka yang memiliki masalah dengan pencernaan dianjurkan untuk mengonsumsi nangka. Sebab per 100 gram nangka mengandung sekitar 15% serat. Persentase yang cukup tinggi untuk mengurangi sembelit.

 

Mempercantik

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional