DIULAS.com

REKOMENDASI

Inilah penjelasan di balik joroknya kebiasaan gigit jari

  • Reporter:
  • Senin, 14 November 2016 | 20:44
  • / 13 Safar 1438
  • Dibaca : 137 kali
Inilah penjelasan di balik joroknya kebiasaan gigit jari

diulas.com – Tiap orang di dunia ini, tanpa terkecuali, pastilah memiliki 1-2 kebiasaan yang agak nyeleneh dan unik. Mulai dari memain-mainkan sendiri rambutnya, ngomong sendiri dan entahlah masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan menyoroti salah satunya: menggigit jari. Kalian pasti pernah mendengar bahkan mungkin melakukannya, kan?

 

Menggigit jari atau lebih tepatnya menggigit kuku, adalah salah satu kebiasaan buruk yang susah untuk dihilangkan. Meski dihantui berbagai resiko penyakit, banyak yang tetap melakukannya. Hal ini merupakan hal yang biasanya tidak disadari.

 

Dilansir dari The Verge, hal ini bahkan dilakukan oleh 20 hingga 30 persen dari keseluruhan populasi manusia. 45 persen di antara para penggigit kuku ini adalah remaja.

 

Lalu mengapa hal ini terjadi?

 

Banyak yang mengatakan bahwa gigit jari adalah salah satu tanda kegugupan dan kecemasan. Namun dari sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal NCBI, hal tersebut tak selalu demikian. Seseorang juga menggigit kukunya ketika mereka bosan, lapar, frustasi, atau sedang mengerjakan sesuatu yang sulit.

 

Para ilmuwan pun masih mencari jawaban akan penyebab utama dari manusia yang suka menggigit jari. Ketika peneliti mencari jawaban atas pertanyaan mengapa seseorang menyukai kukunya sendiri, jawabannya selalu karena mereka menyukai menggigit kuku. Menggigit kuku ternyata adalah hal yang menyenangkan bagi banyak orang.

 

Untuk menelaahnya, ternyata peneliti mengaitkan kebiasaan ini dengan beberapa studi binatang. Tracy Foose, seorang profesor psikiatri di UCSF School of Medicine, menyatakan bahwa binatang pengerat yang kandungan tinggi senyawa kimia endorphin, yakni senyawa yang mampu menghalau rasa sakit, tikus akan sedikit berdandan. Jika senyawa tersebut dibatasi oleh suntikan obat, mereka akan berdandan lebih banyak.

 

Jika dikaitkan dengan manusia, menggigit kuku adalah bentuk dari

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional