DIULAS.com

REKOMENDASI

10 Mitos Jawa Ini Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal Juga

  • Reporter:
  • Senin, 12 Desember 2016 | 10:08
  • / 12 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 771 kali
10 Mitos Jawa Ini Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal Juga

DIULAS.com – Masyarakat Indonesia sepertinya susah jika harus berjauhan dengan hal-hal yang mitos atau cerita legenda, Terutama orang-orang jawa. Mereka dikenal dengan adat ke -jawen-nya yang masih mempercayai hal-hal yang mitos, segala seseuatu dikait-kaitkan dengan sebuah pertanda. Banyak hal yang dekat dengan kehidupan orang Jawa yang dipercaya “pamali” bila dilakukan.

Biasanya yang menjadi korban dari mitos-mitos ini adalah anak-anak. Mereka mendapatkan larangan yang kurang bisa diterima akal sehat oleh orang yang lebih tua, tanpa menjelaskan kenapa hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Ternyata, mitos-mitos ini bukan hanya sekedar bualan saja, ada beberapa mitos Jawa yang mempunyai sisi logis yang relevan dengan realitasnya. Lantas, mitos Jawa apa saja yang masuk akal? Berikut ulasannya:

1. Tidak Boleh Makan Buah Beserta Bijinya, Bisa Tumbuh di Kepala

download

Mitos Jawa yang satu lumayan populer dikalangan anak-anak. Ternyata, dibalik mitos ini, kita diajarkan untuk melestarikan alam yaitu dengan membiarkan biji-biji tersebut tidak kita makan maka bisa tumbuh di suatu tempat.

2. Kalau Menyapu Tidak Bersih, Suaminya Brewokan

menyapu_malam_hari

Orang-orang dijaman dulu, terutama yang perempuan menyukai laki-laki yang wajahnya bersih dari brewok. Mitos ini bertujuan menakuti-nakuti perempuan supaya mereka menyapu dengan sungguh-sungguh hingga bersih.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Brewok pada masa itu, mengambarkan hal-hal yang belum bersih, jadi jikalau malas membersihkan rumah, maka perempuan tersebut akan mendapatkan laki-laki yang malas membersihkan dirinya.

3. Jangan Keluar Rumah di Waktu Magrib, Nanti Bisa Diculik Wewe Gombel

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional