DIULAS.com

REKOMENDASI

10 Mitos Jawa Ini Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal Juga

  • Reporter:
  • Senin, 12 Desember 2016 | 10:08
  • / 12 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 770 kali
10 Mitos Jawa Ini Kalau di Pikir-pikir, Ternyata Masuk Akal Juga

3. Jangan Keluar Rumah di Waktu Magrib, Nanti Bisa Diculik Wewe Gombel

wewe-gombel-kalong-wewe

Anak-anak memang sangat takut dengan Wewe Gombel yang konon katanya suka menculik anak-anak. Makanya dibuat mitos ini yang bertujuan supaya anak-anak tidak keluar saat magrib tiba, sebab waktu magrib adalah waktunya orang beribadah.

Selain itu, waktu magrib juga adalah waktunya orang beristirahat dan kadang juga waktunya berkumpul bersama keluarga lainnya. Bahkan sampai sekarang pun kalau bepergian waktu mendekati magrib orang akan menunggu setelah magrib dulu.

4. Anak Perempuan Yang Duduk di Depan Pintu akan Sulit Dapat Jodoh

duduk-di-depan-pintu

Mitos jawa yang satu ini berkembang dan bertujuan untuk mendidik anak perempuan supaya berlaku sopan. Sebab, duduk di depan pintu dianggap kurang sopan, karean secara langsung menghalang-halangi orang yang mau masuk maupun mau keluar ruangan tersebut.

5. Kalau Makan Harus Habis. Jika Tidak, Hewan Ternak Akan Mati

download-1

Kalau mitos Jawa ini ditujukan terhadap anak yang susah di suruh makan dan tidak mau menghabiskan makanananya. Sebab di jaman dulu, hampir semua keluarga pasti memiliki hewan ternak dan biasanya hewan tersebut hewan yang disayangi oleh si anak tersebut.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Dengan doktrin bahwa hewan kesayangannya akan mati, diharapkan si anak mau makan dan menghabiskan makanannya. Tapi, saat budaya berternak di pekarang rumah ditinggalkan, mitosnya diganti dengan “nanti pak tani menangis”.

Ada satu hal yang diajarkan melalui mitos ini yaitu menghargai makanan sebagai rezeki, sebab banyak orang yang mati karena kelaparan.

6. Dilarang Makan Mengunakan Tutup Piring

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4

Tambah wawasan yuk, baca artikel Selanjutnya:

loading...

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional